Kamis, 27 November 2014

IDENTIFIKASI MASALAH

Pada penelitian ini tidak menggunakan teknik penggunaan sampel karena pembuatannya tidak memerlukan sampel. Produk yang dibuat dalam penelitian kali ini adalah quote, dimana quote ini digunakan untuk digantung di dinding sebagai visual display yang memberikan motivasi kerja. Kalimat yang merupakan isi dari quote ini yaitu “Utamakan Kerja Cerdas dengan Manajemen Waktu yang Baik“. Ukuran bingkai yang digunakan untuk quote ini yaitu 30 cm x 28,5 cm dan kertas yang digunakan adalah kertas karton. Produk ini nantinya akan digantung di dinding pada suatu ruangan, yaitu dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada pekerja agar pekerja dapat bekerja lebih baik. Quote ini didesain dengan kombinasi warna latar dan tulisan agar lebih terlihat menarik dan jelas untuk dilihat. Warna latar untuk background yaitu biru, sedangkan tulisannya berwarna putih.
Proses perancangan display quote yaitu dengan menentukan tipe-tipe perancangan yang digunakan, prinsip-prinsip perancangan, ukuran-ukuran huruf, jarak huruf, warna, dan gambar dari ukuran huruf. Tipe display yang digunakan berdasarkan tujuannya adalah display khusus, berdasarkan informasinya adalah display tidak langsung, berdasarkan lingkungannya adalah display statis, dan berdasarkan panca indera merupakan visual display. Prinsip untuk mendesain quote yaitu proximity, similarity, dan symmetry. Kalimat yang merupakan isi dari quote ini yaitu “Utamakan Kerja Cerdas dengan Manajemen Waktu yang Baik“. Ukuran bingkai yang digunakan untuk quote ini yaitu 30 cm x 28,5 cm, sehingga disesuaikan dengan jarak pandang visual, yaitu sejauh 5 meter atau 5000 mm.
        Ukuran-ukuran dan jarak huruf yang didapatkan adalah berdasarkan jarak pandang visual sejauh 5 meter. Tinggi huruf besar yang digunakan adalah 25 mm, lebar huruf besar 16,67 mm, tebal huruf besar 4,17 mm, tinggi huruf kecil 16,67 mm, lebar huruf kecil 11,11 mm, dan tebal huruf kecil 2,78 mm. Jarak antar dua huruf adalah sebesar 6,25 mm, jarak antar dua kata sebesar 16,67 mm, dan jarak antar baris antar kalimat sebesar 16,67 mm. Ditentukan jarak padang visual sejauh 5 meter dengan tujuan untuk mempermudah dalam membaca display dan juga untuk memenuhi kriteria pembuatan display, yaitu dapat dideteksi keberadaannya, dapat dilihat atau dibaca, dan dapat dipahami sesuai dengan pesan yang disampaikan. Penentuan jarak visual juga dikarenakan display tidak ditempatkan di ruangan yang besar ataupun untuk menarik pusat perhatian, sehingga jarak visualnya hanya 5 meter. Perancangan yang dilakukan adalah dengan menempatkan kata per barisnya pada posisi center (tengah). Hal ini dimaksudkan agar display terlihat rapih dan mudah dibaca. Produk didesain dengan kombinasi warna latar dan tulisan agar lebih terlihat menarik dan jelas untuk dilihat. Warna latar untuk background yaitu biru, sedangkan tulisannya berwarna putih. Kombinasi warna yang digunakan tidak lebih dari 3 warna agar tidak membuat kelelahan mata dan isi pada display pun tetap terlihat jelas.
          Prinsip untuk mendesain quote yaitu proximity, similarity, dan symmetry. Prinsip proximity digunakan karena quote disusun berdasarkan kedekatan elemen huruf setiap barisnya. Isi quote tersebut tersusun atas 5 baris yang berupa susunan kalimat, sehingga display tersebut dapat dimengerti sebagai sebuah susunan kalimat tanpa harus melihat dengan jelas. Prinsip similarity digunakan karena kombinasi warna pada display yang tidak lebih dari 3 warna, yaitu warna biru sebagai latar dan warna putih sebagai tulisan. Elemen huruf pada display merupakan suatu kesatuan dalam konsep warna. Prinsip symmetry digunakan karena terdapat keseimbangan tulisan yang terletak di tengah, sehingga isi dari display dapat terlihat jelas karena simetrikal. Tipe display yang digunakan berdasarkan tujuannya adalah display khusus, karena produk ini hanya dapat diletakkan pada tempat-tempat tertentu, seperti kantor, pabrik, dan sebagainya. Display ini juga ditujukan kepada para pekerja agar pekerja dapat termotivasi untuk bekerja lebih baik. Informasi yang didapat dari produk ini berbentuk display tidak langsung, yaitu menunjukkan informasi atau pesan berupa motivasi kerja melalui sebuah kalimat dan tidak secara langsung disampaikan. Produk ini juga merupakan display statis karena isinya tidak berubah berdasarkan waktu. Berdasarkan panca indera display ini merupakan visual display karena hanya ditujukan untuk dilihat atau dibaca menggunakan indera penglihatan yaitu mata dan hanya dapat diketahui informasinya dengan melihat display tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar