Pada penelitian ini
tidak menggunakan teknik penggunaan sampel karena pembuatannya tidak memerlukan sampel. Produk yang dibuat dalam penelitian kali ini
adalah quote, dimana quote ini digunakan untuk
digantung di dinding
sebagai visual display yang memberikan motivasi kerja. Kalimat yang merupakan isi dari quote ini
yaitu “Utamakan Kerja Cerdas dengan Manajemen Waktu yang Baik“. Ukuran bingkai
yang digunakan untuk quote ini yaitu 30 cm x 28,5 cm dan kertas yang
digunakan adalah kertas karton. Produk ini nantinya akan digantung di dinding
pada suatu ruangan, yaitu dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada
pekerja agar pekerja dapat bekerja lebih baik. Quote ini didesain dengan
kombinasi warna latar dan tulisan agar lebih terlihat menarik dan jelas untuk
dilihat. Warna latar untuk background yaitu biru, sedangkan
tulisannya berwarna putih.
Proses perancangan display
quote yaitu dengan menentukan tipe-tipe perancangan yang digunakan,
prinsip-prinsip perancangan, ukuran-ukuran huruf, jarak huruf, warna, dan
gambar dari ukuran huruf. Tipe display yang digunakan berdasarkan
tujuannya adalah display khusus, berdasarkan informasinya adalah display
tidak langsung, berdasarkan lingkungannya adalah display statis, dan
berdasarkan panca indera merupakan visual display. Prinsip untuk
mendesain quote yaitu proximity, similarity, dan symmetry.
Kalimat yang merupakan isi dari quote ini yaitu “Utamakan Kerja
Cerdas dengan Manajemen Waktu yang Baik“. Ukuran bingkai yang digunakan untuk quote
ini yaitu 30 cm x 28,5 cm, sehingga disesuaikan dengan jarak pandang visual,
yaitu sejauh 5 meter atau 5000 mm.
Ukuran-ukuran
dan jarak huruf yang didapatkan adalah berdasarkan jarak pandang visual
sejauh 5 meter. Tinggi huruf besar yang digunakan adalah 25 mm, lebar huruf
besar 16,67 mm, tebal huruf besar 4,17 mm, tinggi huruf kecil 16,67 mm, lebar
huruf kecil 11,11 mm, dan tebal huruf kecil 2,78 mm. Jarak antar dua huruf adalah sebesar 6,25 mm, jarak
antar dua kata sebesar 16,67 mm, dan jarak antar baris antar kalimat sebesar
16,67 mm. Ditentukan jarak padang visual sejauh 5 meter dengan tujuan
untuk mempermudah dalam membaca display dan juga untuk memenuhi kriteria
pembuatan display, yaitu dapat dideteksi keberadaannya, dapat dilihat atau dibaca, dan dapat dipahami sesuai
dengan pesan yang disampaikan. Penentuan jarak visual juga dikarenakan display
tidak ditempatkan di ruangan yang besar ataupun untuk menarik pusat
perhatian, sehingga jarak visualnya hanya 5 meter. Perancangan yang dilakukan adalah dengan menempatkan kata
per barisnya pada posisi center (tengah). Hal ini dimaksudkan agar display
terlihat rapih dan mudah dibaca. Produk didesain dengan kombinasi warna
latar dan tulisan agar lebih terlihat menarik dan jelas untuk dilihat. Warna
latar untuk background yaitu biru, sedangkan tulisannya berwarna putih. Kombinasi warna yang digunakan tidak lebih dari 3 warna
agar tidak membuat kelelahan
mata dan isi pada display pun tetap terlihat jelas.
Prinsip untuk mendesain quote yaitu proximity,
similarity, dan symmetry. Prinsip proximity digunakan karena
quote disusun berdasarkan kedekatan elemen huruf setiap barisnya. Isi quote
tersebut tersusun atas 5 baris yang berupa susunan kalimat, sehingga display
tersebut dapat dimengerti sebagai sebuah susunan kalimat tanpa harus
melihat dengan jelas. Prinsip similarity digunakan karena kombinasi
warna pada display yang tidak lebih dari 3 warna, yaitu warna biru
sebagai latar dan warna putih sebagai tulisan. Elemen huruf pada display merupakan
suatu kesatuan dalam konsep warna. Prinsip symmetry digunakan karena
terdapat keseimbangan tulisan yang terletak di tengah, sehingga isi dari display
dapat terlihat jelas karena simetrikal. Tipe display yang digunakan
berdasarkan tujuannya adalah display khusus, karena produk ini hanya
dapat diletakkan pada tempat-tempat tertentu, seperti kantor, pabrik, dan
sebagainya. Display ini juga ditujukan kepada para pekerja agar pekerja
dapat termotivasi untuk bekerja lebih baik. Informasi yang didapat dari produk
ini berbentuk display tidak langsung, yaitu menunjukkan informasi atau pesan
berupa motivasi kerja melalui sebuah kalimat dan tidak secara langsung
disampaikan. Produk ini juga merupakan display statis karena
isinya tidak berubah berdasarkan waktu. Berdasarkan panca indera display ini
merupakan visual display karena hanya ditujukan untuk dilihat atau
dibaca menggunakan indera penglihatan yaitu mata dan hanya dapat diketahui
informasinya dengan melihat display tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar